Share it

Selasa, 28 April 2009

Waktu Dalam Perspektif Islam dan Barat

'Time is Money', itulah istilah yang selalu dipopulerkan masyarakat barat bagi semua pemburu uang di seluruh dunia. Seolah-olah mereka ingin mematrikan dalam ingatan semua orang, agar selalu memburu harta di setiap waktu yang ada.

Alhasil, lahirlah orang-orang gila harta dengan tingkah-tingkah gila pula. Ada yang gila kerja atau disebut juga workaholic, gila jabatan untuk dapatkan uang, gila wanita juga untuk dapatkan uang, gila memeras juga karena uang dan sebagainya.

Semua karena istilah time is money, sehingga terkadang membutakan hati nurani. Tidak sedikit pula manusia yang beragama yang akhirnya menganggap ibadah hanyalah penghalang mencari uang.

Mereka yang terkena virus ini, bahkan ada yang pindah agama, untuk mendapatkan keringanan dalam beribadah. Mereka ini biasanya berpaham kalau semua agama itu sama saja, sehingga ia bebas memilih mana yang enak untuk dirinya.

Bagi yang masih bertahan dengan keyakinan Islam, juga sedikit demi sedikit merasa berat dengan ibadah yang telah diwajibkan. Lihatlah mereka mengabaikan panggilan Allah SWT, di tengah kesibukannya mengajar, sedang presentasi, sedang rapat, syuting, sedang bekerja dan lainnya.

Bagi yang bekerja di bawah tekanan bos yang kejam, dengan berat hati menunda melaksanakan shalat. Bos dalam perspektif mereka, harus lebih ditakuti dari yang menciptakan bos itu sendiri.

Sedangkan yang sibuk bekerja, mengaku tanggung terus dengan pekerjaannya. Shalat adalah beban, sehingga bisa dilepas kapan saja. Toh tidak ada yang marah atau memotong gaji, jika telat melaksanakannya.

Manusia yang memakai prinsip barat dalam menyikapi waktu, maka tidak ada yang lebih berharga selain mendapatkan uang. Segala sesuatu diukur dengan uang, uang dan uang agar waktunya termanfaatkan dengan maksimal.

Lalu bagaimana Islam memandang waktu? Islam mengibaratkan waktu laksana sebuah pisau. Jika kamu tidak bisa menggunakannya untuk memotong, maka kamulah yang nantinya akan terpotong.

Islam memang memandang waktu lebih berharga daripada uang. Ia bahkan dikatakan lebih kejam, dengan kemampuan tajamnya dalam memotong. Hingga saat ini, hanya waktulah yang konsisten dengan pendiriannya. Sekali berjalan, pantang baginya untuk surut ke belakang. Visinya hanya ke depan, tanpa menoleh lagi ke belakang.

waktu dengan kesempatan yang ada hari ini, belum tentu akan dijumpai lagi di masa datang. Jika pun berjumpa juga, pasti dalam suasana dan iklim yang berbeda.

Jika anda tidak dapat kesempatan mendapat uang Rp1 juta sekarang, maka di lain waktu bisa jadi anda bisa mendapat uang Rp2 juta dari kesempatan yang berbeda. Kesimpulannya, uang bisa dicari asal mau berusaha.

Namun waktu, ia tidak akan berbalik walau sampai kapanpun juga. Jika anda tidak bisa berpuasa senin kamis sekarang, maka ia tidak akan kembali lagi di masa datang. Senin Kamis minggu depan, jelas beda dengan senin kamis kemaren. Apalagi dengan puasa Ramadan, jelas tidak sama dengan Ramadan yang akan datang.

Kesempatan beramal sekarang, belum tentu ada di masa datang. Kalau tidak cukup umur, maka kesempatan untuk menambah amal akan terus terlewatkan. Itulah yang dimaksud, kalau kita tidak memotong waktu, kitalah yang akan terpotong.

Banyak yang berkata, kalau waktu sekarang berlalu begitu cepat. Namun ketika ditanyakan pada penghuni penjara atau pegawai yang menerima gaji di akhir atau di awal bulan, mereka pasti mengatakan waktu berjalan sangat lambat.

Dari awal dunia diciptakan, waktu masih berjalan 24 jam. Lalu kenapa sampai merasa waktu berjalan sangat cepat ataupun lambat? Semua tergantung pada suasana hati. Jika melakukan semua dengan senang, maka waktu 24 jam masih dirasa kurang.

Namun jika melakukan pekerjaan dengan berat hati, maka waktu terasa berjalan sangat tertatih. Karena itulah, anda akan menyesal, jika menghilangkan kesempatan shalat berjemaah di waktu yang anda dapatkan sekarang. Ia tidak akan diulang lagi di masa datang, karena shalat yang akan datang adalah kewajiban untuk yang akan datang pula.

Di antara manusia, ada orang yang hancur karena waktu lampau dalam dirinya. Kejadian buruk yang menimpanya waktu lalu, ia jadikan penghalang untuk melangkah di saat sekarang.

Orang seperti ini, selalu berada dalam bayang-bayang ketakutan. Ia selalu mengambil contoh pada yang gagal, sehingga menjadikannya malas berusaha. Rasa putus asa dan takut gagal, membuatnya hanya menjadi manusia yang tanpa harapan di masa datang. Takut mengambil resiko, sehingga ia mau membayar kegagalan itu, dengan materi yang dimiliki.

Sementara orang selalu ketakutan dengan masa depan, membuatnya menjadi pemburu waktu sejati. Ia mau membeli waktu orang lain, untuk melipatgandakan waktu yang hanya 24 jam yang menjadi jatahnya. Mereka kemudian menyimpan uang untuk tujuh turunan, dengan harapan bisa bahagia di hari tua. Tidak peduli, apakah ia bisa berumur panjang atau tidak.

Sedangkan seorang Muslim sejati, hanya memfokuskan diri pada waktu yang ia peroleh saat ini. Selagi masih dalam rengkuhan waktu, mereka selalu berupaya membuat sesuatu yang terbaik pada hari ini.

Mereka memandang waktu yang diperolehnya saat ini, sebagai waktu terbaik untuk menghasilkan pahala yang berlipat ganda. Mereka melayani orang tua, atau suaminya dengan bakti terbaik, seolah-olah ini hari terakhir untuk melayani orang tua dan suaminya.

Sementara seorang suami, mengangap waktu yang ada sebagai kesempatan terakhir untuk memberi pemberian terbaik bagi anak dan istri. Orang yang ingin beribadah kepada Allah, juga memandang waktu yang dimiliki sekarang sebagai waktu terakhir. Sehingga mereka shalat dengan cara terbaik, bersedekah dengan pemberian terbaik dan sebagainya.us Jika bekerja pun, mereka memberikan hasil terbaik.

Memang, rugilah orang yang menganggap waktu sebagai uang semata. Karena jika waktu telah pergi meninggalkan mereka, maka uang akan dinikmati orang yang tinggal. Namun jika menggunakan waktu untuk bekerja pada Allah dan manusia dengan yang terbaik, mereka akan mendapatkan akhirat dan dunia secara bersama-sama. Hendri Nova

'Hancur Hatiku' Olga, Bosenin...

'Hancur Hatiku' Olga, Bosenin...

Entah karena ingin menyaingi single terpendeknya milik Melly Goeslaw, Charlie ST 12 menciptakan sebuah lagu baru, berjudul 'Hancur Hatiku'. Single yang dinyanyikan oleh pelawak, bintang film, presenter dan profesi lainnya, Olga Syahputra, indah dan asyik dari segi penggarapan musik.

Walau syairnya hanya dua kata yang terus diulang-ulang, lagu ini lumayan bisa mengundang perhatian pecinta musik. Terkhusus mereka yang mendengar dan menonton langsung dari video klip.

Sementara yang hanya mendengar MP3-nya saja, ada rasa bosan juga mendengar kata-kata itu terus. Walau musiknya dibuat beragam, tetap saja rasa jenuh itu datang. Sehingga jangan heran, jika banyak yang tidak mau mendengar sampai akhir lagu.

Lagu bersyair pendek sebenarnya memiliki cerita dalam visual. Kenapa hati Olga hancur? Itu karena pacarnya diceritakan selingkuh. Padahal kalau bukan niat mengalahkan lagu I Just Wanna Say I love You, lagu ini bisa dibuatkan syair yang agak panjang. Sehingga, pendengar tidak bosan dengan kata-kata itu.

Penunjukkan Olga sebagai penyanyi lagu ini, membuat ia tidak bisa menembus semua program musik. Klip Olga tidak nongol di Inbox dan lainnya. Maklum, sebagai presenter acara musik 'Dahsyat', Olga harus berhadapan dengan sikap sentimen acara musik lain.

Nah, satu hal yang akan dirasa penuh rekayasa, jika seandainya lagu ini sempat pula di tangga satu 'Dahsyat'. Bahkan untuk nada tunggu, juga membuat masalah. Bukankah nada tunggu penanda suasana hati seseorang? Tuh... berabe kan? Hendri Nova

Hareem jadi Inayah, Asal Jadi

Tudingan yang menyatakan sinetron Indonesia diolah asal jadi, sepertinya makin terbukti dengan adanya sinetron Inayah. Satu sinetron yang hanya menjual kemarahan dan intrik kotor, dalam usaha merebut harta, wanita dan tahta.

Dulunya sinetron ini berjudul Hareem. Tapi karena derasnya kritikan yang datang, ia langsung bermotamorfosis menjadi Inayah. Perombakkan total pun dilakukan. Tidak hanya dari segi penampilan, tapi juga dari segi bahasa.

Jika Hareem mewajibkan semua pelaku perempuan memakai jilbab atau penutup kepala, maka Inayah mengharamkannya. Sehingga akhirnya, semua pelaku wanita jadi tampil seperti wanita suka berhias lainnya.

Dari segi bahasa, tidak ada lagi kata ummi, abi atau lainnya. Sekarang panggilan sudah menjadi Romo dan bahasa keseharian lainnya. Hanya pakaian romo dan Aryo saja yang masih berbaju koko.

Walau begitu, dari segi cerita dan penyiksaan, juga tidak berubah. Inayah masih harus tetap menanggung berbagai penderitaan, dari perilaku buruk orang-orang yang membencinya.

Ironis memang, jika sinetron Indonesia hanya memikirkan aspek komersial, daripada mutu. Cerita yang tidak fokus dan melebar kemana-mana, menandakan sinetron hanya buat konsumsi iklan.

Jika iklan sudah jarang datang, sinetron bisa diakhiri dengan cerita asal jadi. Memalukan dan menyedihkan, jika sinetron Indonesia hanya menjual cerita basi tentang perebutan harta melulu. Cobalah jawab, masih adakah sinetron Indonesia yang topik utamanya bukan rebutan harta? Benar-benar tidak kreatif. Hendri Nova

MUTANT CHRONICLES, Mesin Mutant Penghancur Bumi

Peperangan yang terjadi antara negara-negara adidaya penguasa dunia, membuat portal pengunci mutant ciptaan mesin yang terjatuh dari langit, terbuka. Sebagai korban pertama mutant yang begitu saja keluar dari lobang, adalah tentara-tentara yang sedang berperang.

Begitu mereka berhasil dilumpuhkan, tentara-tentara yang dalam keadaan sekarat itu dilemparkan ke mesin pembuat mutant. Sementara yang selamat, segera melarikan diri dari medan perang.

Semakin lama, penduduk dunia sudah banyak yang berubah menjadi monster-monster mengerikan. Jari mereka berubah menjadi satu tombak runcing, tanpa ada rasa takut menghadapi senjata jenis apapun.

Keadaan dunia yang sudah kacau, membuat penguasa adidaya pusing memikirkan tempat untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara mereka bahkan sudah banyak yang berubah menjadi monster ganas.

Hingga akhirnya, Brother Samuel (Ron Perlman) pemimpin suatu aliran kepercayaan yang mengetahui seluk beluk manusia mutant, segera bergerak menemui beberapa kepala negara yang sedang bersidang. Samuel mengaku butuh beberapa orang, untuk menjalankan misi penghancuran mesin pembuat mutant.

Samuel akhirnya mendapat beberapa tiket evakuasi, untuk menjamin keluarga pasukan dalam misi pergi ke tempat aman. Salah satu yang berhasil direkrut adalah Maj. 'Mitch' Hunter (Thomas Jane), seorang mantan tentara yang pernah berhadapan langsung dengan mutant.

Samuel yang memiliki kaki tangan seorang perempuan bernama Saverian (Anna Walton), segera bergerak menjalankan misi. Dengan pesawat terbang yang digerakkan bahan bakar batu bara, mereka menuju tempat mesin berada.

Sayang dalam perjalanan, pesawat mereka dihujani tembakan, sehingga akhirnya jatuh. Beberapa anggota tim tewas, sementara yang lain kembali melanjutkan perjalanan.

Sepanjang perjalanan menuju lobang mesin, satu persatu anggota misi tewas. Hingga akhirnya Samuel pun berhasil ditangkap. Bahkan Mitch yang tak sengaja jatuh ke mesin pembuat mutant, hampir saja jadi mutant seutuhnya. Untunglah ia berhasil meloloskan diri dengan kecerdikan yang ia miliki.

Sementara serangan mutant tak kunjung berhenti, mematahkan usaha 3 orang anggota misi yang tersisa. Tak dinyana, Samuel yang telah berubah jadi mutant juga ikut menyerang. Posisi Saverian pun di ujung maut.

Film garapan Sutradara Simon Hunter mencoba membawa hayalan penontonnya pada dunia masa depan yang penuh nafsu menguasai dunia. Dunia yang penuh polusi selalu dihiasi perang setiap harinya.

Tapi benar atau tidaknya bakal ada mutant yang akan menguasai dunia, jelas masih membutuhkan pembuktian. Sebagai film action, dijamin mata bakal melek terus sampai film berakhir. Karena banyak adegan kekerasan, maka anda harus mendampingi anggota keluarga anda saat menontonnya.

Jenis : action
Pemain : Thomas Jane, Ron Perlman, John Malkovich, Anna Walton
Sutradara : Simon Hunter

Rabu, 15 April 2009

Sukses Jadi Wakil Rakyat Dalam Era Demokrasi

Pesta penentuan akan siapa yang berhak menempati 'kursi basah' sebagai wakil rakyat, baru saja usai. Bagi yang beruntung, tentu sudah mengadakan selamatan. Korban seekor sapi pun dirasa tidak masalah, karena gaji menjadi wakil rakyat sungguh sangat banyak.

Sehingga tidak mengherankan, jika berbagai upaya dilakukan para calon legislatif beberapa waktu lalu untuk meraih jabatan. Tak perlu malu, walau harus minta restu atau minta tolong pada orang yang sudah lama meninggal sekalipun.

Hasilnya kan lumayan, berapa banyak orang yang telah tiada yang akhirnya bisa masuk di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Entah berhasil atau tidak, jika mereka yang telah menghadap Allah itu, memperoleh izin untuk mencontreng caleg yang telah wara wiri meletakkan sesajen pada mereka.

Sementara bagi yang kalah, tentu akan terperangah buat beberapa saat. Bagi yang tidak menumpuk utang dan hanya mengeluarkan dana sedikit buat kampanye, tentu tidak terlalu masalah.

Apalagi yang tidak terlalu ambisius alias hanya sebagai 'kudo palajang bukik' caleg di atasnya, tentu akan tetap menjalani hari dengan perasaan tenang. Rugi-rugi dikit tidak apalah, asal sudah puas menjadi selebritis selama masa kampanye.

Kapan lagi bisa memamerkan sejuta senyuman indah dan wajah mantap, kalau tidak saat pemilu. Orang-orang sedaerah pemilihan, setidaknya sudah hapal dengan wajah yang bersangkutan. Hitung-hitung, ajang bernarsis ria saja.

Nah, untuk yang ambisius dan telah mengeluarkan banyak uang, apalagi sampai menumpuk hutang, segeralah pergi ke rohaniawan setempat. Jangan biarkan diri sendirian, apalagi sampai mengucilkan diri.

Utang-utang atau dana yang telah raib, bagusnya diikhlaskan saja. Anggap saja sebagai bayaran akan hak orang yang selama ini mungkin belum dibayarkan. Jadi, bisa jadi Allah SWT, menghukum dengan cara ini.

Sadarilah, kesempatan mendapat gaji besar dengan sedikit kerja itu, belum giliran yang bersangkutan. Mungkin suatu saat nanti, bola bisa berada di tangan. Baiknya, fokus saja mencari uang lagi, untuk menebus barang yang telah tergadai, atau melunasi utang yang sudah bertumpuk.

Jika bermenung-menung juga, bisa gila nanti. Kasihan keluarga, kalau harus mengeluarkan uang lagi, untuk biaya perawatan di rumah sakit jiwa. Maklum saja, beberapa rumah sakit, walau alasan untuk jaga-jaga, sepertinya berdoa juga tuh, agar ada caleg yang sakit jiwa. Sekali lagi maklum, pemilik RSJ memang telah jauh-jauh hari menyediakan tempat khusus bagi para caleg.

Oleh karena itu, jangan malu-maluin keluarga, atau kata anak muda zaman sekarang, jangan lebay lah... Sabar... dan banyak-banyaklah istighfar, agar hati menjadi tenang kembali. Soalnya, benar-benar mubazir untuk menyesali semuanya.

Sekarang, siapkan saja amunisi untuk pemilu 5 tahun mendatang, jika masih bernafsu juga duduk sebagai wakil rakyat. Jika usaha dari sekarang, bukan tidak mungkin 5 tahun mendatang dapat pula membuat partai lokal.

Setidaknya, ada beberapa jalan yang bisa dilakukan, untuk bisa sukses menjadi wakil rakyat atau presiden di negara yang mengandalkan suara terbanyak atau sistem demokrasi. Jika sukses melakukan cara ini, jabatan apa saja yang diincar, dijamin bakal tercapai.

Cara yang berbiaya murah, adalah dengan menjadi orang alim di tengah masyarakat. Syaratnya, tentu harus memiliki banyak pengetahuan agama. Dengan membentuk majelis taklim yang cabang dan rantingnya menjangkau sampai ke pelosok desa, maka nama ustadnya akan semakin tenar.

Tapi ingat, lakukan pekerjaan dengan ikhlas. Posisikan diri sebagai orang berwibawa, dengan tidak meminta-minta dipilih secara langsung pada para jemaah. Mintalah pada kaki tangan, untuk menciptakan arus bawah agar membulatkan dukungan pada yang bersangkutan.

Jika anggota jemaah majelis taklim sudah kagum akan sosok anda, maka tinggal hitung berapa di antara mereka yang sudah fanatik. Cukupkan jumlah mereka, hingga bisa mendukung anda jadi caleg nantinya.

Kalau bahasa kerennya sekarang, anda harus bisa mendoktrin mereka dengan kharisma yang dimiliki. Sehingga A kata anda, A pula sampai ke bawah. Ya kata anda, ya pula sampai ke ranting-ranting.

Upaya pendoktrinan pendukung, merupakan cara yang efektif dalm mendulang suara. Bahkan anda juga bisa menjual suara pendukung anda, pada caleg yang tidak bersaing dengan anda. Silahkan hitung nominal yang anda suka yang tentunya bisa balik modal, dari dana pendoktrinan yang anda lakukan selama 5 tahun.

Cara ini, setidaknya sudah dilakukan oleh beberapa partai.Sehingga walau berstatus pendatang baru, mereka bisa merebut banyak kursi secara mengejutkan. Bahkan pada pemilihan walikota ataupun gubernur, suara fanatik pendukung ini bisa menghasilkan uang miliyan rupiah buat partai ataupun kantong anda.

Syaratnya cukup simpel bukan? Buatlah jaringan yang kukuh dan kuat, baik dalam ikatan agama, hobi, tingkah laku ataupun lainnya. Jika pengajian anda memiliki ribuan jamaah yang solid, maka anda bisa panen uang waktu pemilu.

Lakukan cara ini terus menerus, minimal ada pertemuan sekali seminggu. Jika minggu pertama pengajian, isilah minggu kedua dengan arisan. Terus minggu ketiga, isilah dengan hiburan atau mendatangkan ustadz kondang ibukota. Sementara minggu terakhir, isi dengan jalan-jalan.

Jangan ragu untuk mengeluarkan uang, karena ini investasi anda. Jika mereka sudah sangat fanatik dengan anda, sedaya upaya mereka akan membela anda dalam masalah apapun. Bahkan jangan terkejut, jika mereka dengan spontan meminta anda jadi seorang pemimpin besar.

Resep ini, kurang ampuh jika dilakukan setahun menjelang pemilu. Karena ada juga, caleg yang menjaring pendukung dengan cara menyebar kartu anggota. Siapa yang sudah punya kartu anggota, berhak dapat asuransi, jaminan kesehatan, uang duka dan sebagainya.

Cara ini agak lemah, jika seandainya ada rival yang melakukan cara serupa dengan imbalan yang lebih besar. Pendukung yang tidak terdoktrin, dengan gampang bisa pindah pada yang menawarkan lebih besar. Dalam kasus ini, uang memang memegang peranan.

Bagi-bagi bantuan saat bulan Ramadan ataupun bencana, juga hanya dapat mengumpulkan simpati yang sedikit. Mereka hanyalah masa mengambang, mudah terayu oleh yang menawarkan lebih baik.

Memelihara preman juga tidak terlalu baik, karena juga gampang berubah. Jika ada yang lebih menggiurkan, mereka dengan mudahnya bisa berbalik arah.

Jadi, kalau ingin sukses jadi wakil rakyat di alam demokrasi, doktrinlah pendukung anda dengan hal-hal yang baik-baik. Dengan demikian, kekuatan anda akan disegani kawan ditakuti lawan. Anda bisa menang lebih dulu, walau belum bertarung.

Belajarlah dari kehebatan Rasulullah SAW. Kharisma diri beliau yang menyebarkan kebaikan dengan ikhlas, juga berbalas keikhlasan umat fanatik beliau.

Selama beliau hidup, tidak ada yang namanya pemilu. Tak satupun yang berani unjuk gigi, agar bisa menjadi lebih tinggi dari kedudukan Rasulullah SAW. Semua warga dengan ikhlas hati menjadikan diri beliau raja, presiden, kaisar ataupun sebutan pemimpin lainnya.

Status beliau benar-benar terpilih secara aklamasi alias langsung diterima secara umum. Di bawah kepemimpinan beliau, semua berjalan bebas terkendali. Semua umatnya siap menjalankan perintah, tanpa meminta imbalan.

Beliau tidak butuh Perdana Menteri atau wakil presiden, menteri-menteri, pasukan tentara khusus dan sebagainya. Walau begitu, perekomian berjalan lancar, keamanan terjaga, bahkan bisa pula menundukkan negara yang menentang Islam.

Setelah beliau wafat, tidak ada dalam sejarah lagi, pemimpin yang sehebat Muhammad SAW. Makkah akhirnya memiliki khalifah baru dan juga menteri-menteri khusus. Perebutan kekuasaan tak bisa dihindarkan, dengan masing-masing pendukung fanatik.

Memang, anda sudah pasti mungkin, tidak bisa menandingi kepemimpinan Muhammad SAW. Namun setidaknya, menjadi terhormat di kalangan warga yang sudah terdoktrin, dapat membantu semua niat anda.

Namun sekali lagi, lakukan dengan ikhlas, karena buahnya lebih dari ikhlas. Hilangkan dulu nafsu ambisius, agar yang didoktrin tidak merasa dimanfaatkan. Kecuali, pendirian kelompok anda memang untuk tujuan jual beli suara. Uang tentunya akan menjadi pemersatu dan juga yang akan menghancurkan, jika terjadi sesuatu yang di luar rencana. Hendri Nova

Hantu dalam Kepercayaan Masyarakat Dunia

HANTU... siapa yang tidak mengenal makhluk 5 huruf ini. Dari anak kecil hingga kakek nenek, semua tahu, takut dan ngeri ketika mendengar kata hantu. Walau pada kenyataannya, mereka belum pernah melihat secara kasat mata, akan sosok yang membuat jantung berdetak lebih cepat itu.

Keberadaan hantu dalam kehidupan manusia, tidak monopoli dipercayai masyarakat pedesaan saja. Masyarakat perkotaan yang terbiasa dengan gaya hidup modern, bahkan lebih takut lagi dengan makhluk yang diidentikkan berwarna putih atau hitam pekat tersebut.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat, hantu akan hadir di suatu rumah atau perkampungan, jika ada salah satu anggota keluarga ataupun orang kampung yang meninggal dunia. Bagi yang mati penasaran, maka arwahnya diasumsikan akan bergentayangan mengganggu kehidupan manusia. Sementara yang mati baik-baik, dikatakan tidak menjelma menjadi hantu.

Deskripsi tentang hantu itu sendiri, juga berbeda di masing-masing agama, peradaban dan adat istiadat. Dalam kepercayaan masyarakat, hantu tidak digeneralisasi sebagai makhluk jahat saja. Bahkan ada yang percaya, juga ada hantu yang baik. Mereka akan melawan hantu jahat yang coba mengganggu keluarga hantu baik-baik.

Dalam dunia film, hantu baik-baik diwakili oleh casper, seperti kepercayaan masyarakat barat. Selain itu, juga ada hantu-hantu lainnya, baik dalam wujud peri, orang tua putih dan lainnya. Dalam agama Kong Hu Cu, dikenal Te Cu Kong sebagai hantu penguasa tanah. Roh leluhur masyarakat China, juga dipercaya bisa melindungi keluarga dari niat hantu jahat.

Sebanyak masyarakat yang pernah mengaku melihat hantu, masih lebih banyak lagi yang belum pernah menyaksikan dengan mata kepala sendiri. Mereka percaya pada hantu, berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, sehingga menjadi cerita sebenarnya. Sementara sebagian ilmuwan, tetap beranggapan bahwa hantu hanyalah ilusi ataupun khayalan mereka yang mempercayainya. Sementara sebagian ilmuwan lain berusaha membuktikannya secara ilmiah, akan adanya zat yang terkandung dalam hantu.

Tentang adanya hantu di suatu tempat, sering disamakan dengan adanya wujud yang bentuknya seperti kabut. Ia bisa menghilang dan berpindah secepat kilat, ke mana maunya hantu. Tanda mereka ada, dibuktikan dengan adanya suara menangis, meratap, tertawa dan lainnya. Juga dikaitkan dengan adanya benda yang tiba-tiba saja bergerak atau berbunyi, lampu yang hidup-hidup mati dengan sendirinya.

Sementara menurut Nonorthodox Doktarin Katolik, hantu dikatakan berada ditempat antara Surga dan Neraka, di mana roh bayi yang tidak dibaptis tinggal. Penting diketahui bahwa Protestan dan Kristian Evangelikal, sebagai aliran utama yang percaya perwujudan hantu secara prinsip (principalities).

Tetapi mereka tidak mempercayai hantu (sebagai semangat orang mati) dan meletakkan hantu ganas, seperti poltergeist, kepada tindakan jembalang. Dalam Katolik dan Kristian Anglikan (dan Christian Spiritualism), mempercayai hantu adalah diterima dan boleh dibicarakan dengan pendeta (clergy).

Dalam kebudayaan Asia (seperti di Tiongkok), banyak orang yang percaya kepada reinkarnasi (reincarnation). Hantu merupakan roh yang tidak mau "di-reinkarnasi-kan" karena mereka mempunyai masalah yang belum selesai, sama seperti di Barat. Exorcist boleh membantu mangusir atau meng-reinkarnasi-kan hantu (reincarnated).

Dalam tradisi Tiongkok, selain di-reinkarnasi-kan, hantu boleh menjadi abadi (immortal) dan menjadi setengah dewa (demigod). Selain itu, juga boleh pergi ke neraka dan menderita selamanya, atau dia boleh mati sekali lagi dan menjadi "hantu kepada hantu".

Orang Tiongkok juga percaya bahwa sebagian hantu, terutamanya mereka yang mati lemas, membunuh manusia untuk menghalangi hak mereka untuk di-reinkarnasi-kan. Mangsa "pembunuh" paranormal dikenali sebagai Ti Si Gui, sama seperti kambing hitam.

Dalam agama Hindu, pembahasan terperinci mengenai hantu terdapat dalam Garuda Purana, skripture dari Vedic tradisi (Hindu).

Dunia Timur dan Barat mempunyai pendapat yang sama mengenai hantu. Mereka berkeliaran ditempat mereka biasa pergi sewaktu hidup, atau tempat mereka meninggal. Tempat demikian dikenali sebagai "rumah berhantu". Hal yang mereka lakukan disebut "menghantui". Mereka sering kali menggunakan pakaian yang sering mereka pakai dimasa hidup.

Samsara Buddha memasukkan konsep alam hantu lapar. Sentient being dalam alam tersebut dirujuk sebagai Hantu Lapar, karena ikatan mereka kepada dunia ini. Asura juga dirujuk sebagai "hantu penggangu".

Sementara dalam Islam, hantu dikelompokkan sebagai jin yang mengganggu manusia. Setan yang juga tergolong dalam kelompok jin, dan jin dikenali sebagai mahkluk halus yang tinggal di dalam alam lain. Bagaimanapun, kumpulan jin ini boleh memasuki alam manusia.

Terdapat jin yang membuat hubungan dengan manusia dan patuh terhadap manusia, dengan tujuan menyesatkan manusia, seperti merusakkan akidah dan sesama manusia. Persahabatan ini dikenali sebagai saka.

Dalam Alkitab, mengacu pada kitab Yesaya dan Wahyu, hantu bisa dirunut asal-usulnya sebagai malaikat berdosa pengikut Lucifer yang jatuh ke bumi. Berdasarkan kitab Wahyu, jumlah mereka disimbolkan sepertiga jumlah bintang.

Sementara sebagian orang menerima hantu sebagai realitas, sedangkan yang lain mempersoalkan kewujudan hantu. Aliran Skeptik mungkin coba menjelaskan hantu yang terlihat, dengan menggunakan prinsip pencukur Occam (Occam's razor). Penjelasan yang mudah dan memadai bagi semua keadaan atau fenomena, adalah yang penjelasan yang paling mungkin.

Terkadang, orang yang memunculkan mitos tentang hantu, terkait dengan upaya menakut-nakuti. Contohnya, hantu yang berkeliaran. Biasanya dikaitkan dengan dendam atau mencari keadilan. Mereka memiliki kekuatan, setelah mati. Ini bisa jadi, sebagai suatu strategi untuk menakuti mereka yang mungkin sedang berpikir untuk membunuh seseorang.

Motif berikutnya, bisa jadi penipuan. Dengan menceritakan cerita hantu, mungkin dapat menhindarkan masyarakat terpencil dari orang luar. Jika taktik ini gagal, dapat dibuat seseorang dari masyarakat tersebut berperan sebagai hantu.

Ketiga, penjelasan berasaskan pengetahuan mengenai psikologi manusia. Sebagai contoh, kemunculan hantu seringkali dikaitkan dengan gambaran bayangan, kelam, pudar, dan hawa dingin. Tetapi respon terhadap rasa takut adalah merinding, yang dapat juga diakibatkan oleh hawa dingin.

Aspek penglihatan hantu boleh dijelaskan melalui fisiologi: penglihatan sisi amat sensitif menangkap gerapan, tetapi tidak bagi warna atau memfokus bentuk. Dengan itu, tirai yang bergerak atau pergerakan apa saja diluar penglihatan fokus, boleh menghasilkan ilusi bentuk.

Kewujudan infrasound, di mana berlaku pada frekuensi di bawah pendengaran manusia (di bawah 20 hertz), mampu menjelaskan kecenderungan "kehadiran" dalam kamar, atau menjelaskan perasaan gelisah atau takut. Karena frekuensi infrasonik tertentu, diketahui dapat menimbulkan perasaan yang sedemikian rupa terhadap tubuh manusia.

Faktor psikologi sering kali disebut sebagai penjelasan bagi kejadian melihat hantu: mereka yang lemah semangat cenderung membesar-besarkan apa yang dilihat. Gambaran tertentu seperti gambar dan film, mungkin bisa mendorong seseorang mengaitkan struktur tertentu atau kawasan sebagai berhantu, berdasarkan apa yang dilihatnya dalam film.

Beberapa gambaran mengenai hantu pernah ditangkap secara tidak sengaja oleh masyarakat setempat. Kebanyakkan gambar yang diambil adalah di pinggir jalan, kuburan, dan rumah-rumah sakit. Bayangan di dalam gambar ini menunjukkan bayangan hitam, kepulan asap,rupa wajah dan juga cahaya yang terang. Tetapi kebenarannya masih belum diketahui.

Masyarakat Indonesia, mengenal berbagai jenis hantu atau makhluk spiritual. Sebutlah Kuntilanak, Sundel Bolong, Tuyul, Pocong, Genderuwo, Kemangmang, Wewe, Orang Bunian, Siluman, Leak, Rangda, Kuyang, Palasik, Jin, Jenglot dan lainnya.

Beberapa legenda rakyat, juga mengenal berbagai macam bentuk hantu. Terkadang dikaitkan dengan riwayat sebab-akibat kematian orang yang menjadi hantu. Meskipun bukan hantu, beberapa bentuk makhluk supranatural dikenal pula dalam mitos masyarakat, yang dianggap sebagai cara seseorang dalam menempuh ilmu tertentu atau mencari kemuliaan. Contohnya Babi Ngepet, Ipri, Drakula, Werewolf dan Manusia bayangan.

Adapun Kuntilanak, dipercaya masyarakat sebagai hantu yang berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia, atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Nama "kuntilanak" atau "pontianak" kemungkinan besar berasal dari gabungan kata "bunting" (hamil) dan "anak".

Kota Pontianak mendapat namanya karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana.

Dalam folklor Melayu, sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik yang punggungnya berlubang. Kuntilanak digambarkan senang meneror penduduk kampung, untuk menuntut balas. Kuntilanak sewaktu muncul selalu diiringi harum bunga kamboja. Konon laki-laki yang tidak berhati-hati bisa dibunuh sesudah kuntilanak berubah wujud menjadi penghisap darah. Kuntilanak juga senang menyantap bayi dan melukai wanita hamil.

Dalam cerita seram dan film horor di televisi Malaysia, kuntilanak digambarkan membunuh mangsa dengan cara menghisap darah di bagian tengkuk, seperti vampir.

Agak berbeda dengan gambaran menurut tradisi Melayu, kuntilanak menurut tradisi Sunda tidak memiliki lubang di punggung dan hanya mengganggu dengan penampakan saja. Jenis yang memiliki lubang di punggung sebagaimana deskripsi di atas disebut sundel bolong. Kuntilanak konon juga menyukai pohon tertentu sebagai tempat "bersemayam", misalnya waru yang tumbuh condong ke samping (populer disebut "waru doyong").

Berdasarkan kepercayaan dan tradisi masyarakat Jawa, kuntilanak tidak akan mengganggu wanita hamil bila wanita tersebut selalu membawa paku, pisau, dan gunting bila bepergian ke mana saja. Hal ini menyebabkan seringnya ditemui kebiasaan meletakkan gunting, jarum dan pisau di dekat tempat tidur bayi.

Menurut kepercayaan masyarakat Melayu, benda tajam seperti paku bisa menangkal serangan kuntilanak. Ketika kuntilanak menyerang, paku ditancapkan di lubang yang ada di belakang leher kuntilanak. Sementara dalam kepercayaan masyarakat Indonesia lainnya, lokasi untuk menancapkan paku bisa bergeser ke bagian atas ubun-ubun kuntilanak.

Kepercayaan akan adanya kuntilanak atau sundel bolong sangat sering dijadikan sebagai bahan membuat film. Sehingga sampai sekarang, sudah sangat banyak judul film yang lahir dari inspirasi keberadaan hantu.

Sementara Tuyul (bahasa Jawa: thuyul), dalam mitologi Nusantara, terutama di Pulau Jawa, adalah makhluk halus berwujud anak kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul. Penggambaran lainnya yang tidak disepakati semua orang, kulit yang berwarna keperakan, bersifat sosial (dalam pengertian memiliki masyarakat dan pemimpin), serta bersuara seperti anak ayam.
Tuyul dapat dipekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri (uang). Untuk menangkal tuyul, orang memasang yuyu di sejumlah sudut rumah, karena tuyul dipercaya menyukai yuyu. Sehingga ia lupa akan tugas yang dibebankan pemiliknya.

Kejadian tuyul dipercaya berasal dari janin orang yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir. Karena berasal dari bayi, karakter tuyul juga seperti anak-anak: gemar bermain (seperti laporan orang melihat sejumlah tuyul bermain pada tengah malam).

Sundel bolong dalam mitos hantu Indonesia, digambarkan dengan wanita berambut panjang dan bergaun panjang warna putih. Digambarkan pula terdapat bentukan bolong di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ-organ tubuh bagian perut terlihat. Dimitoskan hantu sundel bolong mati karena diperkosa dan melahirkan anaknya dari dalam kubur. Biasanya sundel bolong juga diceritakan suka mengambil bayi-bayi yang baru saja dilahirkan.

Adapun Pocong, dikenal sebagai hantu yang keluar dari dalam kuburnya, karena tali pocongnya lupa dilepaskan petugas kubur. Di Malaysia, hantu semacam ini dikenal pula sebagai hantu bungkus. Hantu ini akrap dengan jalannya yang melompat-lompat atau menggelinding di tanah.

Sebagian orang mengambarkan pocong memiliki wajah berwarnah hijau dengan mata yang kosong. Penggambaran lain menyatakan, pocong berwajah rata dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat.

Kepercayaan akan adanya hantu pocong hanya berkembang di Indonesia, terutama di Jawa dan Sumatera. Walaupun penggambarannya mengikuti tradisi muslim, umat beragama lain pun ternyata dapat mengakui eksistensi hantu ini. Dalam parade ogoh-ogoh sebelum perayaan Nyepi di Bali, umpamanya, wujud pocong kerap diwujudkan, biasanya oleh kelompok masyarakat non-Hindu.

Sementara Genderuwo, disebut sebagai makhluk halus yang berwujud manusia bertubuh besar dan kekar dengan rambut lebat menutupi tubuh. Genderuwo terutama dikenal dalam masyarakat di Pulau Jawa (orang Sunda menyebutnya "gandaruwo" dan orang Jawa menyebutnya "gendruwo"). Habitat hunian kegemarannya adalah pohon besar teduh atau sudut-sudut yang lembab dan gelap.

Makhluk ini dilaporkan dapat berkomunikasi dengan manusia dan juga bisa menyukai manusia. Cerita-cerita misteri menyebutkan kalau genderuwo dapat mengubah penampakan dirinya mengikuti wujud fisik seseorang. Menurut cerita pula, genderuwo hanyalah berkelamin pria dan dapat menghamili perempuan, bahkan menghasilkan keturunan dari hubungan itu.

Asal-usul genderuwo dikatakan berasal dari arwah orang meninggal yang belum mau naik ke akhirat. Genderuwo tidak dapat dilihat oleh orang biasa tapi pada saat tertentu ia dapat menampakkan dirinya bila merasa terganggu.

Wewe Gombel merupakan sebuah istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang suka mencuri anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Konon anak yang dicuri, biasanya anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan oleh orang tuanya. Wewe Gombel biasanya akan menakut-nakuti orang tua si anak atas sikap dan perlakuannya kepada anaknya sampai mereka sadar. bila mereka telah sadar, Wewe Gombel akan mengembalikan anaknya.

Menurut cerita, Wewe Gombel adalah roh dari seorang wanita yang meninggal bunuh diri lantaran dikejar masyarakat karena telah membunuh suaminya. Peristiwa itu terjadi setelah suami dari wanita itu berselingkuh dengan wanita lain. Sang suami melakukan hal itu karena istrinya tak bisa memberikan anak yang sangat diharapkannya. Akhirnya ia dijauhi dan dibenci suaminya, lalu dikucilkan sampai menjadi gila dan gembel.

Disebut Wewe gombel karena kejadian ini terjadi di daerah Gombel, Semarang. Jika kita berkendaraan dari arah jatingaleh ke arah banyumanik, maka akan terlihat bekas iklan bir bintang. Di situlah konon letak lokasi wewe gombel berada. Beberapa orang menyebutkan bahwa lokasi tersebut adalah lokasi kerajaan hantu. Menurut cerita itu pula, hal itu yang menyebabkan sebuah hotel yang terletak di dalam lokasi bukit gombel menjadi bangkrut.

Sedangkan Orang Bunian adalah sejenis makhluk halus yang dikenal di wilayah Minangkabau, Sumatera Barat. Bentuknya menyerupai manusia, tinggal di tempat-tempat sepi, di rumah-rumah kosong yang telah ditinggal penghuninya.

Istilah Orang Bunian, dikenal juga sebagai istilah dewa di Minangkabau. Pengertian dewa dalam hal ini, sedikit berbeda dengan pengertian dewa dalam agama-agama Hindu maupun Buddha. Dewa dalam istilah Minangkabau berarti sebangsa makhluk halus yang tinggal di hutan atau di rimba, di pinggir bukit, di dekat pekuburan.

Biasanya bila hari menjelang maghrib di pinggir bukit, akan tercium sebuah aroma yang biasa dikenal dengan nama masakan dewa atau samba dewa. aromanya mirip bau kentang goreng. Hal ini boleh ditanyakan langsung kepada masyarakat Minangkabau. Satu hal lagi, dewa lebih dikonotasikan bergender perempuan, yang cantik rupawan, bukan laki-laki seperti persepsi yang umum di agama lain.

Selain itu, masyarakat juga meyakini bahwa ada peristiwa orang hilang disembunyikan dewa; ada juga istilah orang dipelihara dewa, yang semenjak bayi sudah dilarikan oleh dewa. Cerita ini masih masyhur sampai sekarang.

Adapun Siluman dalam berbagai cerita rakyat, disamakan dengan makhluk halus yang tinggal dalam komunitas dan menempati suatu tempat. Mereka melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari layaknya manusia biasa. Mereka juga mengenal peradaban.

Siluman dapat berasal dari manusia biasa yang kemudian meninggalkan alam kasar atau setelah orang meninggal ruhnya masuk dalam masyarakat itu, atau memang sudah merupakan makhluk halus sejak awalnya. Pertemuan antara manusia dengan siluman seringkali menjadi bagian dari cerita-cerita misteri yang digemari.

Siluman dikenal pula sebagai orang bunian dalam tradisi masyarakat Sumatera. Mitos tentang Kanjeng Ratu Kidul, merupakan satu mitos tentang masyarakat siluman yang sangat dikenal suku-suku di Jawa, bahkan digunakan sebagai legitimasi kekuasaan raja-raja pewaris Mataram.

Beberapa mitos tentang siluman, antaranya Siluman Rawa Lakbok dan Moksanya Prabu Siliwangi dan pengikut-pengikutnya di Gunung Gede. Masyarakat penghuni Gunung Merapi (konon dipimpin oleh Sunan Merapi) dan Gunung Lawu (konon dipimpin oleh Sunan Lawu)

Patung Rangda, Ratu para Leak. Dalam mitologi Bali, Leak adalah penyihir jahat. Le artinya penyihir dan ak artinya jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak. Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir.

Ramuan sihir itu dapat mengubah bentuk leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi seperti Rangda. Bila perlu ia juga dapat mengambil organ dari orang hidup.

Diceritakan, Leak dapat berupa kepala manusia dengan organ-organ yang masih menggantung di kepala tersebut. Leak dikatakan dapat terbang untuk mencari wanita hamil, untuk kemudian menghisap darah si bayi yang masih di kandungan. Ada tiga leak yang terkenal. Dua di antaranya perempuan dan satu laki-laki.

Menurut kepercayaan orang Bali, Leak adalah manusia biasa yang mempraktekkan sihir jahat dan membutuhkan darah embrio agar dapat hidup. Dikatakan juga, bahwa Leak dapat mengubah diri menjadi babi atau bola api, sedangkan bentuk Leak yang sesungguhnya memiliki lidah yang panjang dan gigi yang tajam. Beberapa orang mengatakan bahwa sihir Leak hanya berfungsi di pulau Bali, sehingga Leak hanya ditemukan di Bali.

Apabila seseorang menusuk leher Leak dari bawah ke arah kepala pada saat kepalanya terpisah dari tubuhnya, maka Leak tidak dapat bersatu kembali dengan tubuhnya. Jika kepala tersebut terpisah pada jangka waktu tertentu, maka Leak akan mati.

Rangda adalah ratu dari para leak dalam mitologi Bali. Makhluk yang menakutkan ini diceritakan sering menculik dan memakan anak kecil serta memimpin pasukan nenek sihir jahat melawan Barong, yang merupakan simbol kekuatan baik.

Diceritakan bahwa kemungkinan besar Rangda berasal dari ratu Manendradatta yang hidup di pulau Jawa pada abad yang ke-11. Ia diasingkan oleh raja Dharmodayana karena dituduh melakukan perbuatan sihir, terhadap permaisuri kedua raja tersebut.

Menurut legenda ia membalas dendam dengan membunuh setengah kerajaan tersebut, yang kemudian menjadi miliknya serta milik putra Dharmodayana, Erlangga. Kemudian ia digantikan oleh seseorang yang bijak. Nama Rangda berarti juga janda.

Rangda sangatlah penting bagi mitologi Bali. Pertempurannya melawan Barong atau melawan Erlangga sering ditampilkan dalam tari-tarian. Tari ini sangatlah populer dan merupakan warisan penting dalam tradisi Bali. Rangda digambarkan sebagai seorang wanita dengan rambut panjang yang acak-acakan serta memiliki kuku panjang. Wajahnya menakutkan dan memiliki gigi yang tajam.

Kuyang merupakan siluman berwujud kepala manusia dengan isi tubuh yang menempel tanpa kulit dan anggota badan yang dapat terbang untuk mencari darah bayi. Makhluk ini dikenal masyarakat di Kalimantan. Kuyang sebenarnya adalah manusia (wanita) yang menuntut ajaran ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.

Pada siang hari, seorang kuyang akan menempuh hidup sehari-hari sebagaimana orang biasa, namun biasanya ia mengenakan pakaian jubah. Pada malam hari kuyang akan terbang untuk mencari darah bayi atau darah persalinan, untuk dihisap sebagai sarana menambah kekuatan ilmunya. Orang yang melihat kuyang terbang biasanya melihatnya seperti burung besar.

Untuk menghadapinya korban perlu menggunakan sapu ijuk atau memukulkan perabot rumah tangga seperti panci atau wajan.

Sementara Palasik, menurut cerita, legenda atau kepercayaan orang Minangkabau adalah sejenis makhluk gaib. Menurut kepercayaan Minangkabau palasik bukanlah hantu tetapi manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi. Palasik sangat ditakuti oleh ibu-ibu di di Minangkabau yang memiliki balita karena makanan palasik adalah anak bayi/balita, baik yang masih dalam kandungan ataupun yang sudah mati (dikubur), tergantung dari jenis palasik tersebut.

Ilmu palasik dipercayai sifatnya turun-temurun. Apabila orang tuanya adalah seorang palasik maka anaknya pun akan jadi palasik. Pada umumnya palasik bekerja dengan melepaskan kepalanya. Ada yang badannya yang berjalan mencari makan dan ada pula yang kepalanya yang melayang-layang mencari makan.

Adapun Jin, secara harfiah berarti sesuatu yang berkonotasi "tersembunyi" atau "tidak terlihat". Dalam Islam dan mitologi Arab pra-Islam, jin adalah salah satu ras mahluk yang tidak terlihat dan diciptakan dari api.

Dalam anggapan orang-orang sebelum Islam datang, Jin dianggap sebagia makhluk keramat, yang harus disembah dan dihormati. Para orang pada masa tersebut menggambarkannya dalam bentuk patung sesembahan mereka.

Dinamakan jin, karena ia tersembunyi wujudnya dari pandangan mata manusia. Itulah sebabnya jin dalam wujud aslinya tidak dapat dilihat mata manusia. Kalau ada manusia yang dapat melihat jin, maka jin yang dilihatnya itu adalah jin yang sedang menjelma dalam wujud makhluk yang dapat dilihat mata manusia biasa.

Adapun Drakula, tokoh fiksi ciptaan Bram Stoker dalam novelnya Dracula yang diterbitkan pada tahun 1897. Drakula adalah seorang vampir yang diceritakan berasal dari kota Transylvania yang berada di Rumania. Kelemahan Drakula ialah sinar matahari, benda terbuat dari perak, dan bawang putih. Tokoh ini kemungkinan terinspirasi Raja Vlad III yang memerintah Walakia pada abad ke-15 dengan tangan besi.

Selama perang salib, wallachia menjadi rebutan antara kerajaan Hungaraia dan Turki Ottoman, pada masa Vlad II berkuasa di wallachia,Vlad II mempunya tiga orang anak, Mircea, Drakula, dan Randu, Vlad II memihak kerajaan Hungaria.Namun setelah dilengserkan oleh Sigismund ( Raja dari kerajaan Hungaria ) dan kemudian digantikan oleh John Hunyandi, Vlad II memihak kepada kesultanan Turki Ottoman, sebagai jaminan kesetiaannya kepada kesultanan Turki ottoman, Vlad II mengirimkan Drakula dan Randu ke Turki.

Vlad Tsepes III ( 1431 - 1475 M ) atau yang lebih populer dengan nama Drakula dilahirkan di Transylvania, Rumania. Ia merupakan anak Ke 2 dari Vlad II dan Cneajna, seorang putri dari Moldavia

Masa kecil Drakula memang tidak berlangsung lama, diusianya yang ke 11 ia harus menjadi jaminan kesetian ayahnya kepada kesultanan Turki ottoman, ia dan adiknya Randu harus dikirim ke Turki.

Setelah perang Verna, terjadi konflik antara Vlad II dan John Hunyadi, yang berujung pada kematian Vlad II dan Mircea, kakak Drakula. Melihat perubahan politik di Wallachia tersebut, maka sultan Turki ottoman Mehmed II mengirimkan Drakula pulang ke wallachia untuk merebut tahta.

Drakula kembali ke Wallacia dengan di kawal 8000 prajurit Turki ottoman. sesampainya di Tirgoviste ( ibu kota wallachia ) terjadi pertempuran antara pasukan Vlasdisav dengan pasukan Drakula, yang akhirnya di menangkan oleh pasukan Drakula dan menempatkan Drakula sebagai penguasa Wallachia.

Setelah berhasil menduduki tahta, Drakula membantai prajurit Turki ottoman yang tersisa dengan cara di sula, hal tersebut menjadi salah satu penyebab permusuhan antara Drakula dan Sultan Mehmed II.

Sebagai panglima salib di Wallachia, Drakula telah membantai kurang lebih 23.000 umat islam baik tentara maupun rakyat, dengan peperangan maupun dengan metode sula ( impaler ), dalam ukiran kayu jerman abad 15, ada bukti kekejaman Vlad 3, penyulaan massal dengan korban ribuan,

Setelah tindakan tersebut, Drakula mengirimkan surat kepada raja Hungaria saat itu ( Matthias Corvinus) untuk meminta dukungan dari kerajaan Hungaria untuk melawan Turki Ottoman.

Tindakan Drakula yang membantai 23.000 tentara Turki Ottoman, membuat sultan Mehmed II menyatakan perang kepada Drakula. Pada tanggal 17 Mei 1462 M Sultan Mehmed II ( sang penakluk konstatinopel ) mengirimkan 60.000 tentara ditambah 30.000 tentara non reguler. Sedangkan tentara Dracula mencapai 30.000 prajurit, melihat jumlah pasukan yang tidak berimbang, Drakula melakukan strategi perang gerilya.

Pada serangan tengah malam pasukan Drakula yang berkekuatan 10.000 orang berhasil mendesak pasukan Turki ottoman, tetapi dapat dipukul mundur pada saat fajar tiba. Atas kekalahan tersebut pasukan Drakula mundur ke benteng Poenari, Drakula melarikan diri dari kepungan pasukan Turki ottoman yang di pimpin oleh Randu ( adik kandung Drakula )ke Hungaria, dengan melarikandirinya Drakula, Randu dengan mudah merebut benteng Poenari dan merebut tahta Wallachia.

Pada Desember 1476 Terjadi pertempuran antara pasukan salib dengan dengan pasukan muslim ( Turki ottoman )dimana pertempuran tersebut terjadi di daerah Snagov. Dalam pertempuran tersebut, pasukan Drakula dapat dikalahkan, dan Drakula ( Vlad III ) tewas dalam pertempuran tersebut, kepalanya di penggal dan di bawa ke Turki sebagai bukti kematiannya

Sementara Manusia serigala (bahasa Inggris: werewolf) adalah makhluk siluman jadi-jadian setengah manusia, setengah serigala. Konon manusia serigala akan berubah pada saat bulan purnama tiba. Ketika itu kekuatan mistiknya mencapai pada puncaknya. Manusia serigala senantiasa memburu manusia.
Barang siapa yang tergigit atau terkena cakarannya akan menjadi salah satu dari manusia serigala pula. Dia konon hanya bisa mati jika ditembak dengan silver bullet (peluru perak). Manusia serigala memiliki nama lain yaitu lychantrops atau lycans dan ceritanya werewolf bermusuhan dengan kaum vampire.

Sedangkan Manusia bayangan atau makhluk bayangan (dalam bahasa Inggris Shadow people) dikatakan merupakan makhluk supranatural yang muncul sebagaibentuk-bentuk gelap di ujung penglihatan manusia. Ia kemudian hancur menghilang, atau bisa bergerak menembus tembok jika dilihat.

Laporan mengenai manusia bayangan ini mirip dengan penampakan hantu, tapi berbeda. Perbedaannya ialah bahwa manusia bayangan ini tidak dikatakan memiliki ciri khas manusia, memakai pakaian modern atau berusaha berkomunikasi. Saksi juga melaporkan perasaan yang sama berada di dekat sesuatu yang 'pernah merupakan manusia'.

Beberapa orang telah mendeskripsikan bahwa mereka diancam, dikejar atau bahkan diserang oleh manusia bayangan. Ada juga laporan mengenai manusia bayangan di depan beberapa saksi atau tetap ada beberapa detik sebelum menghilang. Para saksi ini mengatakan bahwa pertemuan dengan manusia bayangan biasanya bersamaan dengan rasa tidak enak.

Sedangkan pada masyarakat China, dikenal makhluk bernama Vampir. Vampir memiliki gerakan sama dengan Pocong, dengan cara melompat-lompat. Bedanya, kalau pocong memakai pakaian putih dengan tangan terikat tali pocong, maka vampir China memakai baju hitam, pakai topi, dengan tangan diluruskan ke depan saat ia melompat atau menyerang musuhnya. Vampir biasanya menghisap darah korban, sampai ia terinveksi menjadi vampir pula.

Adapun beda Vampir China dengan Vampir Barat, Vampir masyarakat Barat digambarkan seperti manusia betulan, memakai jaket kulit. Gerakannya lincah sekali dan bisa terbang. Semua jenis Vampir, diakui takut dengan sinar matahari. Hingga sekarang, cerita mengenai makhluk alam gelap, selalu menjadi topik menarik untuk dibutakan film. Berbagai Sumber. Hendri Nova

Cinta Fitri 3, Bersambung Lagi

Rakyat Indonesia akhirnya tertipu mentah-mentah, dengan akhir cerita sinetron Cinta Fitri 3. Walau sebagian mereka telah pesimis, bahwa eksploitasi akan akhir sinetron hanya sebuah upaya meraih perhatian.

Maklum, terlalu lama menyimak kisahnya, rasa bosan akhirnya datang juga. Sehingga saat iklan dan infotainment memblow up akhir sinetron begitu hebatnya, banyak penggemar lama yang akhirnya kembali setia menyimak penutup kisah.

Begitu mereka mengikuti jalannya cerita, kejanggalan mulai menyeruak. Para pelaku dalam sinetron, digambarkan sedang mengalami kondisi kritis. Fitri sebagai tokoh sentral, ditutup perannya saat mau menjalani operasi anaknya yang lahir prematur, akibat ulah Mischa. Tokoh-tokoh lainnya juga digambarkan harus mendapat perawatan rumah sakit.

Dugaan kalau sinetron akan disambung lagi ke season 4 makin kentara, saat belang Faiz dan Mischa belum juga terkuak. Namun satu hal yang membuat pembenci Mischa berteriak gembira bahkan sampai tepuk tangan, dikala Farel mencekik dan menendangnya.

Tetapi sekali lagi sayang, sinetron ini sepertinya mau mengalahkan logika keseharian. Biasanya, seorang suami yang mendapati istrinya terancam nyawanya oleh seseorang, akan langsung melapor pada polisi.

Di sinetron Cinta Fitri 3, hal itu tidak berlaku sama sekali. Aneh memang, karena cerita dibuat untuk memperbodoh orang yang lagi terancam nyawanya. Lazimnya orang-orang akan berlindung pada aparat keamanan, dari ancaman orang yang berniat membunuh.

Pokoknya, kisah di season 4 sepertinya tidak akan ada kejutan berarti. Mischa akan tetap berupaya mengganggu rumah tangga Fitri dan Farel, sekaligus menjaga sekutu dengan Faiz, untuk menguasai semua harta keluarga Hutama. Perbedaannya, tentu ada anak Fitri dan Farel yang bakal menjadi tambahan objek dendam Mischa. Bisa jadi akan ada cerita penculikkan anak dan trik-trik basi lainnya.

Entahlah, apakah sinetron ini bakal dibuat berakhir atau malah akan terus diperlebar masalahnya. Selagi iklan datang bejibun, maka mungkin tidak ada kata tamat untuk sinetron Cinta Fitri. Hendri Nova

Wali, Ngebet Cari Jodoh

Sukses dengan album terdahulu, membuat grup band Wali tambah semangat di album kedua. Bedanya, jika dialbum pertama memiliki lagu pembuka berirama melow, maka syair pembuka di album kedua digarap lebih ceria.

Bintang video klip pun diambil dari grup lawak 'Cagur', dengan peran cerita super lucu. Sehingga lagu 'Cari Jodoh' berjalan penuh tawa, sebagaimana layaknya lagu-lagu Project Pop atau grup band lucu lainnya.

Sepertinya, lagu ini bakal meraih banyak ringtone, karena cocok bagi semua jomblowan dan jomblowati. Wah... Wali kayaknya akan panen lagi, sebagaimana album pertama mereka. Lagu berjudul 'Dik', waktu itu dipandang banyak pengemar musik, sebagai lagu yang manis.

So pasti... kejelian Wali mengambil tema lagu, dapat memberikan kontribusi masukan uang yang besar bagi mereka. Maklum, pendapatan terbesar penyanyi saat ini, memang berasal dari ringtone atau nada tunggu di Hand Phone (HP). Jumlah penerimaannya sangat besar, bahkan bisa mengalahkan penjual kaset maupun VCD. Nah kalo kamu sedang cari jodoh juga, kayaknya cocok banget dengan lagu ini. Hendri Nova

X-MEN ORIGINS : WOLVERINE, Asal Muasal Wolverine

Keputusan Logan/Wolverine (Hugh Jackman), mutan bersenjata tiga pisau seperti cakar yang keluar dari sela-sela jarinya, keluar dari tim, membuat William Stryker (Danny Huston) kecewa berat. Ambisinya membuat pasukan super hebat jadi kandas. William kemudian memutar otak untuk mencari kelemahan Logan, agar ia bisa kembali bergabung dalam tim.

Adapun Logan, sejak keluar dari tim bekerja disebuah usaha kayu. Jarak antara tempat bekerja dan rumahnya lumayan jauh. Dalam menjalani harinya, Logan hidup serumah dengan Kayla (Lynn Collins). Sementara di luaran, teman satu tim Logan, satu persatu dibunuh Victor Creed / Sabretooth (Liev Schreiber) mutan dengan kekuatan cakar dan kegesitan yang belum ada banding.

Hingga satu hari, Logan didatangi William di tempat kerjanya. Ia kembali dibujuk, agar bisa kembali dalam tim. Sayang Logan dengan mentah-mentah menolak. Penolakkannya itu membuat ia harus kehilangan Kayla, karena dibunuh oleh Victor.

Emosi Logan tak terbendung dan ia segera mencari keberadaan Victor. Ia pun berhasil menemukan Victor di sebuah cafe. Sayang dalam duel, Logan berhasil dikalahkan dan cakarnya dipatahkan Victor. Dalam kondisi lemah, ia menerima tawaran William, untuk memasukkan logam luar angkasa ke dalam tubuhnya.

Proses operasi berjalan menyakitkan dan hampir saja membunuh Logan. Begitu sadar, Logan meraung dan berlari sekencang-kencangnya. Dalam keadaan bugil, ia sampai disebuah rumah yang dihuni pasangan tua. Orangtua baik itu, memberi pakaian dan menganggap Logan seperti anak sendiri.

Hingga satu hari, saat ketiganya bercanda dalam gudang, berondongan peluru datang membunuh kedua orang tua itu. Untunglah Logan berhasil keluar dengan selamat, sesaat setelah sebuah misil menghancurleburkan rumah pasangan tua tersebut.

Tidak menunggu lama, ia segera membalas dendam. Setelah semua beres, ia segera menemui John Wraith (Will i Am) mutan negro yang memiliki kemampuan menghilang. Untuk mengetahui keberadaan markas William, Logan direkomendasikan John agar menemui David North / Agent Zero (Daniel Henney), mutan dengan kemampuan hebat bersenjata tongkat.

Sayangnya, David tiba-tiba menyerang Logan dengan kartu-kartu poker. Logan terhempas menerobos dinding, dengan kondisi jatuh terduduk. Saat ia bangkit, Logan malah melihat dengan mata kepala sendiri, pembunuhan yang dilakukan Victor pada John. Niat Logan yang semula ingin melanjutkan pertarungan dengan David, malah berbalik berduel dengan Victor.

Dengan senjata barunya, Victor hampir saja merenggang nyawa. Sayang, saat nyawa Victor di ujung tanduk, David datang dengan kekuatan tongkatnya. Cengkraman pada Victor terlepas dan ia segera kabur. Logan pun kembali bertarung dengan David. Kemenangan berada di pihak Logan dan ia dapat tumpangan gratis ke lab William.

Setiba di tempat penculikan dan penahanan para mutan, Logan segera dihadapkan pada kenyataan yang menghancurkan hatinya. Kayla ternyata hanya pura-pura mati, untuk membangkitkan emosi Logan. Nafsu balas dendam yang ada di hatinya, membuat rangkaian percobaan untuk manusia mutan mendapat keberhasilan.

Kenyataan itu membuat Logan marah besar, ia meninggalkan Kayla, Victor dan William tanpa berpaling. Namun langkahnya terhenti, kala mendengar teriakan kesakitan Kayla. Logan mendapati Victor yang lagi mencekik Kayla dengan sangat kerasnya. Tak perlu menunggu lama, pertarungan sengit pun terjadi. Kayla berhasil dibawa kabur.

Namun ia tidak mau melarikan diri begitu saja. Rupanya, pengkhianatan yang dilakukan Kayla, karena terpaksa semata. Adiknya mutan yang memiliki tubuh sekuat baja, ditahan William bersama mutan-mutan lainnya. Tanpa menunggu waktu, semua mutan dibebaskan dan langsung digiring mencari jalan keluar.
Sayang, satu mutan hasil eksperimen dengan kemampuan nyaris sempurna, tiba-tiba menghadang Logan. Dari sela jarinya, keluar dua pedang sebagai tandingan cakar Logan. Tidak hanya itu, ia juga memiliki kemampuan menghilang, mengeluarkan sinar laser dari mata dan daya tarung yang hebat.
Logan tampak terdesak dan hampir saja jatuh dari ketinggian. Untung waktu itu tangannya segera ditarik Victor. Berdua mereka bertarung mengalahkan mutan hebat tersebut. Hingga pada akhirnya, kepalanya bisa dibabat putus. Sayang saat itu, beberapa tembakan bersarang dikepala Logan. Ia pun tergeletak tak sadarkan diri.

Film besutan Sutradara Gavin Hood ini, bukan sekuel keempat dari seri manusia mutan X-Men. Boleh dikatakan, ia merupakan penjelasan siapa Logan atau Wolverine yang sebenarnya. Bisa jadi, prequel X-Men ini, merupakan pemanasan lahirnya seri X-Men keempat. Maklum, banyak mutan baru yang dilibatkan, dengan kemampuan-kemampuan istimewa.

Atau bisa juga, sebagai awal prequel dari semua bintang X-Men lainnya. Tidak tertutup kemungkinan, akan ada pula seri khusus yang akan menjelaskan siapa sebenarnya Storm, Cyclops dan lainnya.

Walau berasal dari seri komik, film ini bukanlah konsumsi anak-anak yang memang sudah sangat akrab dengan kartun X-Men. Dalam film ini, Hugh Jackman tampil bugil, begitu ia keluar dari air tempat pertukaran unsur tubuhnya, dengan material besi dari angkasa.

Sebagai film bergenre action, film berlangsung sangat menarik dan menegangkan hingga akhir cerita. Pokoknya, penggila serial X-Men, bakal rugi jika tidak melihat prequel Wolverine yang memang sangat ditunggu kehadirannya. Hendri Nova

Jenis : Action
Pemain : Hugh Jackman, Danny Huston, Lynn Collins, Liev Schreiber, John Wraith, Daniel Henney
Sutradara : Gavin Hood

Rabu, 01 April 2009

Tarzan Cilik, Malu Maluin...

Sutradara film Tarzan cilik kayaknya tidak punya malu dengan sutradara-sutradara film atau sinetron lainnya. Bayangkan saja, untuk menghadirkan binatang asli sebagai teman Tarzan Cilik, sampai saat ini tidak berhasil. Yang terjadi hanyalah sebuah pembodohan, akan adanya binatang hasil rekayasa komputer.

Coba bandingkan dengan film garapan sutradara barat, dengan tema yang sama. Bahkan dalam serial bayi pun, semua binatang yang dihadirkan asli atau tampak benar-benar asli. Lihat saja film Jurasic Park. Semua binatang yang telah lama punah, bisa tampak hidup seperti asli.

Bisa jadi, sinetron Tarzan Cilik hanyalah sebuah hasil karya asal jadi. Yang terpenting lucu, iklan banyak, ya sudah... persetan dengan semua protes... Jika memang begitu, alangkah malunya sutradara Indonesia dengan luar negeri.

Pantas saja, hingga saat ini, belum ada sutradara Indonesia yang berhasil memadukan sebuah film antara binatang dengan manusia. Kecuali film-film horor yang lebih banyak memamerkan ular dan buaya. Lain dari itu, sangat langka terjadi.

Padahal dengan kecanggihan teknologi komputer, akting Baim si Tarzan Cilik bisa dipadukan dengan dunia binatang. Sayangnya, memang butuh waktu lama, untuk sinetron yang kejar tayang. Namun jika mau bicara mutu, sebaiknya tidak usah membuat sinetron yang asal. Malu dong dilihat warga dunia.... Hendri Nova

The Virgin Terlibat 'Cinta Terlarang'

Akhirnya, video klip grup musik di bawah payung Republik Cinta Ahmad Dhani, The Virgin, keluar juga. Dipastikan, bakal banyak yang terkejut ketika memahami pesan yang coba disampaikan grup duo Mitha dan Dara ini. Soale... ceritanya tentang cinta sejenis... hiii.....

Di video klipnya, Mitha yang selama ini berdandan ala anak underground githu... rupanya berteman akrab dengan Dara. Eh... ternyata... gadis yang terkesan tomboi gelo itu... menyimpan rasa suka ama Dara... Walah... jadi ngak mendidik ya...

Ngakunya seh... Mitha tau kalo cinta yang tumbuh di hatinya itu tidak wajar atawa terlaranglah... Tapi anehnya neh... masa... dia minta sama tuhan, agar diberi kehidupan kedua. Kayak cerita reinkarnasi aja yach... Trus... apakah Mitha mau jadi cowok di kehidupan kedua itu? Tau ah... yang pasti... hingga saat ini belum ada bukti valid tentang masalah reinkarnasi itu. Ngak ada fakta ilmiahnya...

Makanya... siapa yang suka lagu yang digarap sedikit mellow ini, bisa jadi ketularan lesbong... Waduh... bisa ancur dunia... Makanya... kalo mau jadikan nada sambung, pikir-pikir dulu deh... Bisa-bisa.... bakal banyak yang akan salah sangka.... Jangan sampe deh.... Hendri Nova

Lirik Lagu Cinta Terlarang

Kau kan slalu tersimpan di hatiku
Meski ragamu tak dapat ku miliki
Jiwaku kan slalu bersamamu
Meski kau tercipta bukan untukku

Tuhan berikan aku cinta satu kali lagi
Hanya untuk barsamanya
Ku mencintainya sungguh mencintainya

Rasa ini sungguh tak wajar
Namun ku ingin tetap bersama dia
Untuk selamanya

Mengapa cinta ini terlarang
Saat ku yakini kaulah milikku
Mengapa cinta kita tak bisa bersatu
Saat ku yakin tak ada cinta selain dirimu

Tuhan berikan aku hidup satu kali lagi
Hanya untuk barsamanya
Ku mencintainya sungguh mencintainya

Rasa ini sungguh tak wajar
Namun ku ingin tetap bersama dia
Untuk selamanya

DRAGONBALL EVOLUTION, Sengketa 7 Bola Naga

Ambisi Lord Piccolo (James Marsters) membalas dendam pada penduduk dunia, ia gapai melalui permintaan pada Naga pengabul satu permintaan. Untuk mendatangkan sang naga, ia terlebih dahulu harus mengumpulkan 7 bola naga.

Bersama dengan Mai (Eriko Tamura) kaki tangannya, ia pun berkelana menemukan bola-bola naga di belahan penjuru dunia. Dalam usahanya, ia tidak segan-segan membunuh penduduk suatu kota atau desa, asal bola dragon bisa ditemukan. Salah satu bola dragon yang sedang diincarnya, telah dimiliki Goku (Justin Chatwin), hadiah ulang tahun dari kakeknya.

Ketika Piccolo datang untuk merebut bola dragon dari kakeknya, Goku sedang menghadiri suatu pesta di rumah Chi Chi (Jamie Chung) temannya. Ia pun mendapat firasat telah terjadi sesuatu pada si kakek, ketika melihat bayangan aneh pada bulan. Goku segera pulang ke rumah dan mendapati rumah kakeknya sudah hancur. Ia menemukan sang kakek di bawah puing-puing, dalam keadaan sekarat. Rupanya, Piccolo telah menghajar kakek Goku habis-habisan, sehingga nyawanya tak bisa lagi diselamatkan.

Pada hembusan nafas terakhirnya, sang kakek berpesan agar Goku menjaga bola dragon yang ia miliki dan segera mencari 6 dragon ball lainnya. Saat Goku hendak beranjak meninggalkan rumah, ia pun bertemu dengan Bulma (Emmy Rossum). Keduanya bertekad berjuang bersama mendapatkan bola dragon lainnya.

Bulma dengan alat canggihnya, bisa mendeteksi keberadaan dragon ball serta bisa ke mana-mana dengan kendaraan canggih yang bisa disimpan dalam saku. Dari Bulma, Goku mengetahui kalau Piccolo telah berhasil mendapatkan 3 bola dragon.

Saat dalam perjalanan, tiba-tiba alat Bulma mendeteksi keberadaan satu bola dragon. Tanpa permisi, Bulma diikuti Goku memasuki sebuah rumah. Rupanya, gerakan tidak sengaja Goku membangunkan Master Roshi (Chow Yun Fat) si pemilik rumah. Mereka pun berkelahi, walau akhirnya bersahabat. Pemburuan mendapatkan dragon ball dilanjutkan, dengan tambahan satu anggota.

Dalam perjalanan, kendaraan Bulma masuk dalam lobang. Rupanya itu hasil kerjaan dari Yamcha (Joon Park). Ia pun akhirnya bergabung, setelah alat Bulma kembali mendeteksi keberadaan satu bola dragon lainnya. Rupanya, bola dragon bintang tujuh, terletak di tengah-tengah larva perut bumi.

Perjuangan keras Goku untuk mendapatkan bola dragon terakhir di atas larva yang bergejolak, tidak lah mulus. Ia dihalang-halangi oleh makhluk yang bisa membelah diri. Dengan sembunyi, Mai juga ikut memata-matai rombongan Goku.

Setelah berhasil mendapatkan bola dragon, Goku memperoleh kesempatan mengunjungi satu perguruan beladiri. Ia pun bertemu Chi Chi yang sedang latihan silat. Goku terus mengikuti perkembangan ilmu bela diri Chi Chi, hingga sampai turnamen silat. Rupanya, tanpa disadari Chi Chi, ia berhadapan dengan Mai. Tanpa disadarinya, Mai selalu berupaya menggores tubuhnya, untuk mendapatkan darah. Begitu darah Chi Chi ia dapatkan, ia pun mundur dari gelanggang.

Hingga suatu malam, saat Goku sedang latihan, Chi Chi datang mengarahkan latihannya. Pesona Chi Chi malam itu, membuat Goku terbuai dalam pelukannya. Bulma kemudian memergoki Chi Chi yang grogi, begitu keluar dari kamar Goku. Belum berapa jauh, alat Bulma mendeteksi 4 bola dragon milik Goku telah berpindah tangan. Ia pun mengejar Chi Chi palsu bersama Yamcha. Namun sayang, gumpalan api menghalangi langkah keduanya.

Chi Chi palsu kemudian kepergok Chi Chi yang asli. Saat keduanya bertarung, Goku datang membantu. Namun sayang, ia memukul pingsan Chi Chi yang asli. Goku akhirnya juga pingsan, setelah terkena tembakan Mai. Master Roshi kemudian menyembuhkan Goku, dengan kekuatan ilmunya.

Keempatnya, segera mengejar lokasi Piccolo memanggil naga dari ketujuh bola dragon. Pertempuran sengit terjadi. Goku berubah menjadi monster Ozaru, begitu gerhana matahari berlangsung. Master Roshi pun tewas dicekik Ozaru.

Film garapan Sutradara James Wong ini, merupakan adopsi dari serial kartun dengan judul yang sama. Bedanya, sosok Goku tidak diceritakan dari usia balita dengan ekornya, tapi langsung sudah menjadi dewasa. Garapan film lebih dewasa, dengan adegan yang tentunya bukan lagi konsumsi anak-anak.

Jadi, jangan mentang-mentang judulnya Dragonball, anda langsung menonton bersama anak dan anggota keluarga lainnya. Film ini hanya cocok untuk yang sudah dewasa saja. Jalinan cerita masih berputar pada masalah bola-bola naga, dengan alur yang tak lagi sama dengan kisah kartun. So pasti... anda yang sudah mengenal cerita Dragonball sebelumnya, bakal terpaku melihat ceritanya sampai habis.

Namun satu hal yang perlu diingat, syirik hukumnya meminta sesuatu pada selain Allah. Kisah Dragonball, setidaknya bisa menggiring penontonnya yang lemah iman, pada perbuatan menyekutukan tuhan. Apalagi dikatakan, sang naga bisa mengabulkan permintaan apa saja, termasuk menghidupkan orang mati. Nah... nikmati film ini sebagai hiburan saja. Hendri Nova

Jenis : Action
Pemain : Justin Chatwin, James Marsters, Chow Yun Fat, Eriko Tamura, Jamie Chung, Emmy Rossum, Joon Park
Sutradara : James Wong